Jalin Ukhuwah, Raih Mardhatillah !
The news is by your side.

Gubernur DKI Jakarta: Kita Butuh Para Alim Ulama yang Mampu Membaca Perubahan Zaman!

0

JAKARTA –  Pada Jumat malam (20/07/2018),  di Balaikota Pemprov DKI Jakarta, di hadapan ratusan hadirin yang berasal dari dalam dan luar negeri, Gubernur DKI Jakarta, H. Anies Baswedan, Ph.D, secara resmi membuka Konferensi Internasional Tentang Fatwa  dan Problematika Kontemporer.Konferensi ini akan berlangsung sampai hari Ahad, 22 Juli 2018.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta menyatakan bahwa umat Islam yang terbentang dari Maroko sampai Merauke mengalami tantangan dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, melahirkan banyak  persoalan.

“Maka umat Islam memiliki tanggung jawab,  bukan saja untuk mempersiapkan masa depan karena masa lalu kita memiliki cerita sukses. Tapi yang tidak kalah penting adalah membaca perubahan.  Umat Islam sering berhasil dan gagal bukan karena mampu atau tidak mampu, tetapi  karena membaca perubahan zaman atau tidak membaca perubahan zaman.  Dan disinilah peran para alim ulama  untuk memberikan kepada umat guideline, petunjuk, untuk bisa dijadikan rujukan. Mengapa menjadi penting? Dalam perubahan yang begitu cepat masyarakat harus mengikuti, harus mengantisipasi. Tetapi sering kali pegangan yang menjadi rujukan, fatwa-fatwa, tidak selalu mengikuti perubahan zaman. Karena itu kita membutuhkan para alim ulama yang  mampu membaca perubahan zaman, memunculkan fatwa-fatwa yang bisa membekali umat di dalam mengarungi zaman yang baru . Dan in sya Allah itu akan menjadi modal  bagi kebangkitan umat, dan  kami bangga bahwa konferensi diselenggarakan di Ibukota Jakarta ini,” ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta juga berharap agar para alim ulama, para mufti, dapat menjadi seperti obor yang memberikan cahaya bagi umat dalam menjalani perjalanan untuk masa masa depan. Dan koferensi ini dilakukan di Indonesia, di ujung paling timur dari dunia Islam, seperti juga terbitnya matahari yang dari timur.  Izinkan ini terbit cahaya, fatwa-fatwa kontemporer,  yang bisa mengantarkan umat untuk bangkit sebagaimana matahari terbit di pagi hari. *** (RZK)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.