Jalin Ukhuwah, Raih Mardhatillah !
The news is by your side.

Ini Program Bidang Fatwa MUI DKI Jakarta 2018-2023

0

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia Provinsi DKI Jakarta menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I di Sunlake Hotel, Jakarta.

Salah satu agenda dalam acara yang berlangsung dua hari itu adalah pembahasan program kerja yang yang bakal dilakukan Bidang-bidang Pengurus Masa Khidmat 2018-2023.

Setelah Ketua dan anggota Bidang membahas secara internal program kerja, kemudian di pleno-kan di hadapan seluruh peserta Rakerda I itu.

Bidang yang pertama membacakan hasil pembahasan program kerjanya adalah Bidang Fatwa yang diketuai oleh KH Zulfa Mustofa MY.

Berikut program kerja Komisi Fatwa yang dibahas dalam sidang pleno:

1. Rapat rutin internal Bidang Fatwa yang dilaksanakan pada Rabu (pukul 12.00-15.00) di Pekan Ke-2 setiap bulannya. Program ini bertujuan menjawab pertanyaan yang masuk dari instansi/perorangan.

2. Rapat terkait produk halal dengan LPPOM yang digelar setiap Rabu (pukul 12.00-15.00) di pekan Ke-4 setiap bulannya. Program ini bertujuan menentukan status kehalalan suatu produk.

3. Sosialisasi melalui media massa seperti koran Republika dan Radio. Kegiatan dilakukan sepekan sekali dengan tujuan melayani masyarakat umum dalam memberikan jawaban fikih.

4. Pembuatan Counter Fatwa yaitu Anda Bertanya Kami Menjawab di Stasiun Gambir dan Bandara Halim Perdana Kusuma setiap Hari Minggu. Program ini bertujuan melatih kader PKU dan para ustaz muda serta menyelesaikan masalah fikih harian sederhana.

5. Ijtima’ Bidang Fatwa MUI se-Jabodetabek yang digelar setahun sekali dengan tujuan saling tukar informasi program/fatwa dan membahas permasalahan yang rumit.

6. Kunjungan balasan dan hadiri seminar di Rusia dan/atau Ukraina pada bulan April 2019. Program ini dimaksudkan untuk kuatkan silaturahmi dan menambah pengetahuan kondisi lembaga fatwa negara lain

7. Pencetakan buku kumpulan fatwa MUI DKI tahun 2019 yang dilakukan pada akhir tahun 2019. Program ini bertujuan sosialisasi dan dokumentasi fatwa selama setahun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.