MUI DKI Jakarta Menuju Sertifikat ISO

JAKARTA- Kamis, 26 Juli 2018, bertempat di Ruang Audio Visual 1 Jakarta Islamic Centre, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta melalui Komisi Litbang menyelenggarakan Seminar ISO 9001-2000, Peningkatan Kinerja MUI Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018. Acara seminar ini dibuka oleh Sekretaris Umum, KH Zulfa Mustofa MY.

”Seminar ini dimaksudkan untuk menjadikan organisasi MUI Provinsi DKI Jakarta mempunyai manajemen dengan mutu dan kinerja yang baik. MUI Pusat sudah mempunyai sertifikat ISO, dan kini giliran MUI Provinsi DKI Jakarta yang akan memiliki sertifikat ISO sehingga MUI Provinsi DKI Jakarta akan menjadi yang pertama kali memilki sertifikat ISO di MUI tingkat provinsi se-Indonesia,” ujar Ketua Komisi Litbang, Dr KH Ahmad Syafi`i Mufid, MA, dalam sambutannya.

Peserta yang hadir di seminar tersebut berasal dari pengurus MUI Provinsi DKI Jakarta, kota dan kabupaten. Sedangkan yang menjadi narasumber adalah Drs. Danni Budianto, MCL (Konsultan ISO), Hasan Suharna (Ketua Tim ISO MUI Pusat), Dr. Rida Hesti Ratnasari, M.Si (Dosen UIN Banten, Pengurus Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI Pusat) dan dari Birodikmental Provinsi DKI Jakarta. Seminar ini merupakan tahap awal atau kegiatan pembuka menuju tahapan atau kegiatan berikutnya agar MUI Provinsi DKI Jakarta mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2000 dan ISO 9001:2015.

ISO sendiri adalah singkatan dari International Organization for Standardization. Merupakan badan penetap standar internasional yang terdiri atas wakil-wakil dari badan standarisasi nasional setiap negara, termasuk Indonesia. Sedangkan ISO 9001 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen mutu (SMM) yang merupakan sistem manajemen untuk mengarahkan dan mengendalikan organisasi dalam hal mutu. Sekarang versi ISO 9001 sudah masuk ke versi 2015 yang disebut dengan ISO 9001:2015. Versi sebelumnya adalah versi 2000 dan 2008. Minimal, ISO memiliki dua tujuan, yaitu: pertama, untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan; dan kedua untuk mematuhi peraturan perundangan.*** (RZK)

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top