Jalin Ukhuwah, Raih Mardhatillah !
The news is by your side.

MUI Jakarta Pusat Gelar Muzakaroh Ulama

0

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Pusat menggelar Muzakaroh Ulama se- Jakarta Pusat dengan mengusung tema “Meneguhkan Peran Ulama Sebagai Pemersatu Bangsa di Gedung Serbaguna Wali Kota Jakarta Pusat.

Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Pusat DR Bayu Meghantara,Ketua MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar, Ketua MUI Jakarta Pusat yang juga Sekretaris Umum MUI Provinsi DKI Jakarta KH Yusuf Aman, Rektor UIN Syarif Hidayatullah DR Dede Rosyada, Alim Ulama, Perwakilan Dewan Masjid Indonesia, Organisasi Masyarakat Islam dan Mahasiswa PDU VIII Jakarta Pusat.

KH Yusuf Aman mengatakan, Muzakaroh ini menjadi refleksi akhir tahun guna sosialisasikan visi dan misi MUI di semua kecamatan dan kota, yaitu terciptanya kondisi kehidupan masyarakat.

“Pemuda jangan seperti jangkrik, di kilik-kilik sedikit langsung berantem,” kata Kyai Yusuf.

Kyai Yusuf juga ingin realisasikan rencang pembentukan MUI di tingkat kelurahan di tingkat Jakarta Pusat serta membuat papan nama untuk MUI di tingkat kecamatan.

Kyai Yusuf juga ingin menjadikan Jakarta Pusat sebagai miniatur dan menjadi contoh bagi MUI di daerah lain di Jakarta serta membangun perekonomian.

Kyai Yusuf juga memanfaatkan momentum acara ini untuk pamit dan izin meninggalkan kepengurusan di MUI Jakarta Pusat karena mendapatkan amanah di MUI DKI Jakarta.

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara saat berikan sambutan menjelaskan soal visi pemerintahannya, yaitu mewujudkan Kota Maju, Lestari dan Berbudaya yang warganya terlibat dalam wujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semuanya.

“Peradaban disini tidak secara hablumminannas, tetapi juga hablumminallah. Jakarta Pusat menjadi barometer semua kegiatan, bebas berpendapat, kami siap melayani ummat,” kata Bayu.

Bayu juga menyampaikan terima kasih dan selamat kepada Kyai Yusuf Aman yang diangkat menjadi Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta.

Setelah pembukaan, pemateri DR Dede Rosyada menuturkan, Ulama sebagai perekat Ummat dan bisa menjelaskan kebijakan Pemerintah yang bersifat positif. Dede pun berpesan agar Ummat terus belajar untuk memahami Alquran.

Sementara itu, Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar menjelaskan soal pengertian Ulama. Kyai Munahar menjelaskan, Kekuasaan dengan Agama tidak dapat dipisahkan karena Agama merupakan pondasi atau landasan.

Ada dua golongan yang harus berperan, yaitu Ulama dan Umaro’. Olehnya, jangan sampai ada orang ketiga dalam era milenial ini.

Kyai Munahar juga berpesan soal kegalauan yang dialaminya saat ini merupakan kegalauan juga yang dirasakan oleh masyarakat saat ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.