Jalin Ukhuwah, Raih Mardhatillah !
The news is by your side.

Perihal Postingan di Media Sosial Tentang Berpuasa Pada Hari Selasa, 21 Agustus 2018 Tidak Aman/Syubhat

0

Assalaamu`alaikum. Wr. Wb. Telah beredar di media sosial mengenai  postingan tentang berpuasa pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 adalah tidak aman/syubhat karena Arab Saudi dan 62 negara dunia lainnya memasuki Yaumul Nahr/Ied/haram berpuasa sedangkan Indonesia dan Malaysia Yaumul Nahr terjadi pada hari Rabu, 22 Agustus 2018.

Maka, perlu dijelaskan bahwa MUI Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan fatwa tentang penetapan Hari Idul Adha sebagai berikut:

  1. Adanya perbedaan pendapat di kalangan umat Islam mengenai penetapan hari Idul Adha janganlah sampai mengakibatkan berkuranganya keutuhan ukhuwah Islamiyah.

 

  1. Dalam penetapan awal Dzulhijjah dalam kaitannya dengan wukuf di Arafah, shalat Idul Adha, puasa sunnah dan ibadah kurban, umat Islam berpedoman pada mathla` di masing-masing negara.

 

  1. Penetapan awal Ramadhan, Syawwal dan Dzulhijjah adalah merupakan masalah ijtihadiyah yang berhubungan dengan hal-hal kemasyarakatan, oleh karena itu untuk memelihara keseragaman amaliyah dan kesatuan ukhuwah Islamiyah, umat Islam harus mematuhi apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang berwenang.

 

Fatwa ini ditetapkan oleh Komisi Fatwa MUI Provinsi DKI Jakarta tanggal 5 Oktober 1991 dengan Ketua KH. Roesli Abdul Wahid dan Sekretaris Drs. H. Z. Arifin Nurdin, SH serta mengetahui Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI DKI Jakarta, KH. M. Syafi`i Hadzami.

Dengan demikian, postingan tentang berpuasa pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 adalah tidak aman/syubhat, merupakan postingan yang tidak perlu diindahkan atau tidak dibenarkan menurut fatwa tersebut. Mohon informasi ini disebarluaskan. Jazaakumullaah khairan.

(Postingan ini dibuat dan disyiarkan oleh Komisi Infokom MUI Provinsi DKI Jakarta).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.