Home Artikel Pidato Ketua Umum MUI DKI Saat Pelantikan Ganas Annar

Pidato Ketua Umum MUI DKI Saat Pelantikan Ganas Annar

6
0

S a m b u t a n

Ketua Umum MUI  Provinsi DKI Jakarta

Pada Pelantikan Pengurus

Ganas-Annar Provinsi DKI Jakarta Periode 2018-2022

 

Assalamu‘alaikum wr. wb

Salam sejahtera  bagi kita semua,

 

Yth:

  1. DR. Kh. Ma’ruf Amin, Ketum MUI Pusat, selaku Ketua Umum Gerakan Nasional Anti Narkoba MUI Pusat;
  2. Bapak Gubernur dan Wakil  Gubernur Provinsi DKI Jakarta dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Provinsi DKI Jakarta yang hadir pada hari ini;
  3. Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi DKI Jakarta;
  4. Pimpinan ormas Islam tingkat provinsi DKI Jakarta ;
  5. Para pengurus Ganas Annar MUI provinsi DKI Jakarta
  6. Para tamu dan undangan

 

Mengawali sambutan ini, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa karena berkat segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat bersama-sama menghadiri acara pengukuhan/pelantikan pengurus Ganas Annar provinsi DKI Jakarta dalam keadaan sehat wal’afiat.

 

Saudara-saudara yang saya hormati,

Sebagaimana kita pahami, bahwa negara kita kini tengah menghadapi situasi darurat narkoba yang mengancam kelangsungan hidup generasi penerus bangsa, karena telah nyata menimbulkan kerusakan bagi para pemakainya. Narkoba telah menjadi musuh bersama yang wajib kita berantas karena alasan sebagai berikut:

 

  1. Indonesia saat ini menjadi pasar terbesar tingkat kawasan ASEAN untuk kebutuhan amphetamin atau bahan dasar narkoba;
  2. Tidak ada wilayah di seluruh indonesia yang terbebas dari peredaran dan penyalahgunaan narkotika;
  3. Jumlah kerugian baik ekonomi maupun sosial yang begitu besar akibat permasalahan narkoba, yaitu mencapai 63 triliun;

 

 Saudara-saudara yang saya hormati,

Melalui media massa, kita bisa menyaksikan semakin canggihnya modus operasi penyelundupan dan peredaran gelap narkotika dari negara-negara tetangga. Dan kita mengetahui bahwa pemakai obat terlarang ini telah merambah hampir ke seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan terkait upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba ini, diantaranya adalah Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dan peraturan menteri dalam negeri nomor 21 tahun 2013 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika.

 

Pembentukan organisasi Ganas Annar MUI DKI Jakarta  dan akan kita kukuhkan pada hari ini merupakan wujud dari upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika dengan meningkatkan partisipasi masyarakat khussunya bagi pimpinan lembaga agama dan keagmaan, serta ormas Islam dari berbagai unsur dan melakukan kemitraan dengan berbagai elemen. Saya berharap dengan dibentuk dan dikukuhkannya pengurus ini saudara-saudara akan selalu sigap dan tanggap dalam merespon setiap persoalan terkait penyalahgunaan narkoba dan mampu bekerjasama dengan aparat terkait, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Dengan latar belakang tersebut, saya sangat menyambut baik pembentukan dan pengukuhan pengurus Ganas Annar wilayah provinsi DKI Jakarta  yang kita resmikan pada hari ini.

 

Akhirnya kepada seluruh anggota pengurus, saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas keikutsertaan saudara-saudara untuk turut serta menyukseskan program pemerintah dalam menciptakan kehidupan berbangsa dan bermasyarakat yang aman, damai dan sejahtera.

 

 

Wassalamu‘alaikum  wr . wb.

KH. A. Syarifuddin Abdul Ghoni, MA