Dihadiri Wapres dan Tokoh Nasional Se-Indonesia, Ini Agenda Mukernas MUI di Lampung

on

Bandar Lampung: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat bakal menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ke-2 di Provinsi Lampung pada awal Desember 2022 mendatang. Sejumlah tokoh nasional termasuk Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin diagendakan hadir pada Mukernas yang akan dilaksanakan di Ballroom Universitas Islan Negeri (UIN) Raden Intan Lampung ini.

Di antara tokoh yang bakal hadir menjadi peserta Mukernas adalah para pengurus MUI Pusat temasuk pengurus badan dan Lembaga. Ketua dan sekretaris MUI provinsi se-Indonesia serta 50 ketua ormas tingkat pusat juga akan menjadi bagian acara level nasional tersebut. Khusus untuk Lampung, seluruh ketua dan sekretaris MUI kabupaten di Provinsi Lampung juga akan dihadirkan.

Saat melakukan kunjungan persiapan Mukernas ke Lampung beberapa waktu lalu, Wakil Ketua Umum MUI Pusat KH Marsudi Syuhud mengatakan bahwa dalam Mukernas akan dibahas berbagai permasalahan bangsa di antaranya memberi solusi dari bibit perpecahan masyarakat yang diakibatkan berbagai dinamika seperti dalam hal politik. Menurutnya, tantangan bangsa Indonesia ke depan akan semakin panas dan keras seiring dengan semakin dekatnya pesta demokrasi.

Selain membahas hal tersebut, berbagai agenda penting akan dibahas pada Mukernas yang direncanakan digelar tiga hari mulai 8-10 Desember 2022 ini. Di antaranya adalah evaluasi program kerja seperti penyampaian informasi hasil Monev Dewan Pimpinan MUI Provinsi se-Indonesia.

Mukernas juga akan membahas berbagai masalah dalam sidang-sidang komisi yakni terkait dengan Organisasi, Program Kerja, Perekonomian, Keagamaan, dan Rekomendasi. Mukernas juga akan diwarnai dengan paparan materi dari sejumlah narasumber seperti dari Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Prof. Dr. K.H. Noor Achmad yang mengangkat materi “Tantangan, Potensi, dan Agenda Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Islamic Social Fund (Zakat dan Wakaf)”.

Sementara Ketua Panitia Daerah Mukernas Sholihin (Gus Coing) menambahkan bahwa di sela-sela kegiatan, para tokoh nasional dari berbagai daerah juga akan memberikan ceramah dan dakwah di beberapa masjid di Bandarlampung. Mereka akan menjadi pembicara pada kuliah subuh dan juga khatib Jumat.

“Kami sudah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak terkait termasuk sudah menyiapkan koordinator untuk kegiatan dakwah ini,” ungkap Gus Coing Jumat (18/11/2022) saat Rapat Koordinasi panitia pusat dan daerah secara online.

Untuk memastikan semua agenda tersebut dapat berjalan dengan baik, pria yang masuk dalam jajaran Ketua MUI Lampung ini terus melakukan persiapan matang. “Kita ingin acara level nasional ini sukses dan membawa kesan yang baik bagi para tokoh yang hadir,” pungkasnya. (rls)





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

554FansLike
2,502FollowersFollow
532SubscribersSubscribe

Must Read

Ingin Sebarkan Islam Wasathiyah di Dunia, Komisi HLNKI MUI Latih Ulama...

0
JAKARTA— Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI) MUI melatih puluhan peserta dari internal MUI dan ormas Islam untuk belajar diplomasi. Salah satu...