LOMBOK –  Majelis Ualama Indonesia (MUI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Jumat-Minggu, (11-13/10/2019) di Mandalika NTB.

Rakernas ini ternyata beri kesana bagi peserta yang hadir, utamanya bagi MUI DKI Jakarta. MUI yang dipimpin oleh duet KH Munahar Muchtar dan KH Yusuf Aman ini berhasil naik kelas, ke peringkat A, dari sebelumnya peringkat D.

MUI Pusat berikan penilaian ini, termasuk menjadi empat besar MUI se-Indonesia, setelah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera Barat.

Rakernas yang berlangsung tiga hari ini membahas program kerja prioritas Komisi, Badan, dan Lembaga di MUI tahun 2019 serta menetapkan rekomendasi Rakernas.

Dan yang menarik, tahun ini Selain rakernas, MUI juga menggelar Konferensi Wisata Halal Internasional (International Halal Tourism Conference) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 10 hingga 11 Oktober 2019.

Ketua Umum MUI Provinsi, KH. Munahar Muchtar yang hadir diberikan kesempatan untuk paparakan laporan kinerja kepengurusan selama hampir setahun ini.

Kyai Munahar menuturkan, tahun ini MUI DKI Jakarta,  mampu merubah paradigma Ulama Tradisional menjadi Organisasi Modern.

Langkah pertama yang dilakukan adalah menginisiasi aplikasi Android dan pemasangan digital QR Code bagi perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh  LPPOM MUI DKI Jakarta.

Kedua telah kelurnya sertifikat ISO 9001:2015 sebagai bentuk  profesionalitas dan transparan dalam kegiatan kegiatan MUI DKI Jakarta.

Ketiga, adalah adanya lembaga Gannas Annar, yang jadi wadah untuk sikap ulama memerangi bahaya narkotika dan zat adiktif lainnya. Gannas Annar ini miliki nilai tersendiri bagi masyarakat dan pihak terkait seperti BNN, Polisi dll sehingga keberadaan MUI dqpat dirasakan oleh warga jakarta” ujarnya

“Alhamdullilah, MUI Pusat selain memberikan nilai A, MUI DKI juga menjadi yang Terbaik dari bidang kelembagaan,” kata Kyai Munahar.

“Untuk itu harapan kedepan MUI DKI Jakarta, bisa mempertahankan nilai yang telah dicapainya mulai dari peringkat A, menjaga persatuan dan kesatuan, dan mulai tahun ini proses kerja MUI sesuai dengan ISO yang telah disepakati,” tandasnya.