Ada beberapa persoalan yang kiranya perlu diidentifikasi seorang ulama agar dakwahnya sukses dan bermanfaat. Ihwal inilah yang disampaikan KH. Ma’rif Amin, Ketua Umum MUI Pusat, dalam sambutannya sebagai keynote speaker. Menurutnya, problem-problemĀ  yang kita hadapi dalam gerakan dakwah, umumnya berkisar antara lain: meruyaknya pemahaman menyesatkan dalam beragama, meluasnya dekadensi moral umat, lemahnya kondisi umat Islam di berbagai sendi, dan potensi disintegrasi umat Islam lantaran terkotak-kotak dalam aneka kelompok.

Untuk itulah, tegasnya, ia menghimbau dan berpesan kepada ulama dari 16 ibukota negara yang hadir dalam Jakarta International Islamic Conference pada 29 November hingga 1 Desember 2016 ini agarĀ  seyogyanya memerhatikan empat perkara berikut:

  1. Menjaga umat Islam dari keyakinan-keyakinan yang batil. Hal ini menimbang fenomena akhir-akhir ini dengan munculnya beragam kelompok dengan keyakinan yang menyimpang. Misalnya, kelompok yang meyakini ada Nabi pasca Nabi Muhammad saw, kelompok yang mencaci maki para sahabat Nabi dan Khalifah yang Empat, dan sebagainya.
  2. Menjaga umat dari pemikiran-pemikiran sesat. Tentang ini, bagi KH. Ma’ruf Amin dalam konferensi internasioinal yang diadakan MUI DKI Jakarta, adalah faktor yang sangat penting. Pasalnya, perang sejati yang dihadapi umat Islam sekarang bukan perang senjata dan fisik lagi tapi perang pemikiran. Karena dari sanalah, pemikiran-pemikiran yang sesat akan lahir dan menghasilkan keyakinan-keyakinan yang batil.
  3. Menjaga umat dari akhlak yang buruk. Poin ini terasa sangat darurat mengingat umat Islam sudah terbawa pada arus globalisasi tanpa filter. Interaksi umat Islam dengan budaya-budaya asing tidak diimbangi dengan pemahaman budaya yang baik dan buruk.
  4. Menjaga persatuan umat Islam. Realitas umat Islam yang majemuk dari latar belakang umat yang juga beragam semestinya tidak menjadikan sesama umat Islam saling bermusuhan dan berselisih, tapi sebaliknya, harus saling menguatkan demi kemajuan umat Islam bersama. (Muaz)

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of