Pada Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 1 MUI Provinsi DKI Jakarta Tahun 2014 oleh Plt. Gubernur Provinsi DKI Jakarta (Rabu pagi, 12 Nopember 2014), dalam sesi pengarahan, KH. Ma`ruf Amin,  selaku Pimpinan MUI Pusat, memberikan pengarahan kepada peserta.

Pada pengarahan tersebut, KH. Ma`ruf Amin memberikan sedikitnya lima arahan utama yang sebagian merupakan sikap resmi MUI Pusat terhadap isu-isu yang tengah berkembang dan sebagian lagi merupakan bentuk respon terhadap sambutan sebelumnya yang disampaikan oleh Plt. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok),yaitu:

1. Menolak penghapusan kolom agama

2. Menolak tambahan agama baru di luar agama, cukup 6 agama saja, karena bertentangan dengan undang-undang

3. Kita wajib menjaga negara dari radikalisme agama dan radikalisme sekuler. Jika ada konflik, MUI jangan ikut terlibat dalam konflik-konflik yang terjadi. Kita menyelesaikan masalah tanpa masalah, bukan menyelesaikan masalah tapi malah nambah masalah.

4. MUI mendukung dan turut serta menyukseskan program dan kegiatan Pemprov DKI Jakarta dalam melakukan perluasan halaman masjid-masjid di DKI Jakarta untuk dapat dimanfaatkan dalam rangka pembinaan umat.

5. MUI mendukung dan turut serta menyukseskanprogram dan kegiatan Pemprov DKI Jakarta dalam pembinaan membina anak atau remaja untuk menjadi qari atau hafidz Al-Quran.

*** (Rakhmad Zailani Kiki)