Pembukaan Jakarta Islamic Festival 2019 di Masjid Al Hikmah, Kebyoran Baru, Jakarta Selatan (Foto: Tim Magang)

JAKARTA – Menyemarakkan Bulan Muharram 1441 Hijriyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta menggelar menyelenggarakan Jakarta Islamic Festival (JiFEST) 2019 dan Gema Muharram 1441 H di Masjid Al Hikmah, Kebyoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu – Minggu (21-22/9/2019).

Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar mengatakan, JiFEST ini merupakan agenda penyambutan Muharram yang digelar MUI DKI Jakarta dengan bekerjasama dengan DKM Al Hikmah.

“Momentum ini diharapkan akan mempersatukan masyarakat Jakarta dalam

spirit menuju kebersamaan, merajut tall ukhuwah, yang menjadikan maju kotanya dan berkah warganya,” kata Kyai Munahar, Sabtu (21/9/2019).

Dipaparkannya, hari pertama akan digelar tiga seminar tentang Ekonomi Islam dan satu pelatihan. Dijadwalkan Mantan Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno bakal membahas tentang implementasi ekonomi kerakyatan untuk warga Jakarta.

Selain seminar, JiFEST kali juga bakal menggelar Lomba Kaligrafi tingkat Umum dan Lomba Mewarnai tingkat TK/RA se-DKI Jakarta, yang diikuti lebih dari 500 peserta.

Para pengunjung yang padati arena JiFEST di Lapangan Ahmad Yani juga bakal bisa nikmati musik religi dari H Rhoma Irama bersama Soneta Grup, Kesenian Khas Betawi Gambang Kromong asuhan Bang Madit dan Kesenian khas Betawi lainnya.

Pada hari Ahad (22/9/2109) bakal digelar Tabligh Akbar bersama Ustadzah Bahijah yang dijadwalkan bakal dihadiri lebih dari 5.000 jamaah Majelis Taklim Se-DKI Jakarta.

Turut hadir adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Duta Besar Negara Sahabat, Habaib dan Ulama, Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya, Pimpinan Ormas tingkat Nasional, Para Wali Kota dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Drg Deden mengatakan, JiFEST juga bakal diramaikan dengan adanya bazaar UMKM yang akan menyajikan aneka makanan dan minuman halal, produk kerajinan lokal, serta menyajikan karya inovatif dalam menyelesaikan masalah polusi udara di Jakarta.

“Secara khusus kami hadirkan pameran disfabel, sebagai wujud kepedulian MUI terhadap masyarakat penyandang disfabelilitas, yang juga program Gubernur DKI Jakarta,” kata Kyai Deden.

Kegiatan ini dididukung oleh berbagai pihak, diantaranya Wali Kota Jakarta Selatan, BUMD dan para sponsor yang dengan antusias mendukung acara ini.

“Karena itu, acara ini terbuka untuk semua warga Jakarta dari berbagal agama dan suku bangsa. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya. Ayo Kita rajut kembali tali ukhuwah menuju kebersamaan, melalui seni, dakwah, ekonomi dan pendidikan menjadi ikatan yang kuat menuju warga Jakarta yang bahagia,” tandasnya.

Reporter: Dipo KHI dan Tim Magang

Editor : Firman Qusnulyakin