JAKARTA – Dewan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Informasi dan Komunikasi (INFOKOM) MUI.

Rakornas infokom MUI digelar sebagai wadah konsolidasi seluruh jajaran pengurus komisi/bidang infokom MUI di berbagai daerah serta menjaring kontributor infokom daerah untuk media MUI Pusat. Kegiatan yang baru kali pertama ini dilaksanakan diadakan dari Senin s.d Rabu (15-17/7/2019) di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat  dengan jumlah peserta 100 orang yang merupakan para pimpinan atau pengurus Komisi Infokom MUI Se Indonesia.

Hadir dalam Rakornas ini Ketua MUI Bidang Infokom, KH Masduki Baidlawi; Ketua Komisi Infokom. MUI Asrori S. Karni; Sekretaris Infokom, Edy Kus Cahyanto; dan para anggota Infokom MUI. Adapun yang menjadi narasumber Dr. Lukmanul Hakim (Direkur LPPOM MUI Pusat); Kyai Cholil Nafis, PhD ( Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat); dan Dr. Asrorun Niam Sholeh ( Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat). Para narasumber ini dipanel untuk menyampaikan materi terkait pengelolaan LPPOM, bidang dakwah dan fatwa dalam sudut pandang informasi dan komnikasi.

Pada hari kedua pelaksanaan Rakornas akan membahas mengenai Hegemoni Medsos Dan Masa Depan Peran Ulama Oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi RI, Rudiantara, Penguatan Gerakan Islam Moderat Melalui Jejaring Kementrian Agama oleh Menteri Agama RI, Lukmanul Hakim Saifudin; Peta Kelompok Ekstrim dan Penanggulanganya oleh Kepala kepolisian RI, Jenderal Pol Tito Karnavian; Literasi Keuangan Syariah oleh direktur utama PT Pegadaian (Persero). Kuswioyono; pembekalan sidang komisi dan sidang komisi sejak sore hingga malam.

Kegiatan Rakornas ini rencananya akan ditutup pada Rabu, 17 Juli 2019 dengan harapan mampu memberikan rekomendasi terkait dengan kemajuan tekonologi Islam yang beririsan dengan terciptanya kerukunan ummat. (Reporter: Nanda, Redaktur: Kiki)