“Kita tidak bisa kerja sendiri dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di Jakarta. Kita harus kerja tim….”

Bertempat di Balai  Kota DKI Jakarta, Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas-Annar) MUI DKI Jakarta pada Kamis, 19 April 2018 resmi berdiri.  Pembentukan Ganas-Annar wilayah provinsi ini menandai pentingnya kerjasama  ulama dan umat dalam memberantas narkoba di ibukota Jakarta. Pasalnya, menurut data Badan Narkotika Nasional (BNN), pengguna narkoba terbanyak, yakni 500.000-1.2 juta orang,  berada di Jakarta. Data tersebut menunjukkan bahwa Jakarta darurat narkoba dan harus segera ditanggulangi bersama. Tidak bisa dari pihak pemerintah saja. “Untuk menekan, meminimalisir dan menghilangkan penyalahgunaan narkoba di DKI Jakarta tentu tidak bisa mengandalkan satu pihak atau lembaga saja,” tegas KH. Supriadi Karsim, Ketua Umum Ganas Annar-MUI DKI Jakarta yang terpilih untuk periode 2018-2022.

Dibutuhkan peran tokoh agama untuk mencegah dan mendampingi agar penyalahgunaan narkoba tidak bertambah besar dan luas. “Ini (Ganas-Annar) merupakan salah satu upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika dengan meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya pimpinan lembaga agama serta ormas Islam dari berbagai unsur,” ujar KH. Syarifuddin Abdul Ghoni dalam memberi sambutan pada acara bertajuk Pengukuhan Pengurus dan Pembukaan Rakerda I Tahun 2018 Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas-Annar) MUI DKI Jakarta. “Selain itu, ini juga bagian dari salah satu program pemerintah dalam menyukseskan  kehidupan berbangsa dan bermasyarakat yang aman, damai, dan sejahtera,” imbuh Kiai Syarif, menegaskan. Hal senada ditegaskan Khrisna Anggara, SH, M.Si, Kabid BNNP DKI Jakarta. Menurutnya, memang sudah selayaknya MUI DKI Jakarta ikut berperan aktif dalam menanggulangi dan memberantas penyalahgunaan narkoba di Jakarta.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB ini dihadiri pula oleh KH Mujib Rochmat, Wakil Ketua Ganas Annar-MUI Pusat, guna melantik dan mengukuhkan pengurus  Ganas-Annar MUI DKI Jakarta. Selain itu, tampak pula Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. Dalam kesempatan ini, Bang Sandi tidak hanya memberi sambutan tapi juga  membuka Rakerda I Ganas-Annar MUI DKI Jakarta. “Kita tidak bisa kerja sendiri dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di Jakarta, kita harus kerja tim,” tegasnya menggebu-gebu, seraya menyinggung para korban penyalahgunaan narkoba yang rata-rata generasi muda mulai tingkat SMP hingga perguruapun tinggi. “Bismillah, Jakarta harus bebas narkoba. Semoga Allah memberkahi langkah ini, “ pungkasnya. Semoga. (az/foto: dok.muidkijakarta)

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of