Siswa SMA serius mengerjakan soal di Olimpaide Halal 2019 yang digelar LPPOM MUI DKI (Foto: Firman Q)

JAKARTA – Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta menggelar Olimpiade Halal di Jakarta Convention Center, Jumat (30/8/2019). Kegiatan ini juga bertepatan dengan Muslim Lifefest yang digelar Plennary Hall JCC.

Direktur Eksekutif LPPOM MUI DKI Bayu Jagatnata menjelaskan, Olimpiade Halal ini diikuti oleh siswa SMA/MA se-DKI Jakarta.

“Tahun ini, kami mengundang sekitar 2.000 siswa untuk mengikuti Olimpiade Halal ini,” kata Bayu.

Bayu berpesan kepada para siswa untuk tuntutlah yang namanya ilmu sebanyak banyaknya, bukan hanya di bangku sekolah tapi di manapun harus di dukung dengan ilmu. Contohnya mengenai hal ini, dengan kita cerdas dalam kehalalan dalam membeli produk akhirnya kita tahu dan membedakan mana yang halal dan haram.

Para siswa ini mengikuti dua kategori ujian, yaitu secara offline dengan mengerjakan soal-soal yang disiapkan oleh panitia. Ada juga secara online, dimana siswa menjawab soal-soal ini melalui website LPPOM MUI Pusat.

Pantauan muidkijakarta.or.id, para siswa terlihat serius mengerjakan soal demi soal ini, meski ada yang sesekali bertanya ke pengawas ujian jika menemui kendala.

Bayu kembali menjelaskan jika LPPOM MUI DKI Jakarta berbeda dengan daerah lain dalam menyelenggarakan Olimpiade Halal, yaitu dengan mengumpulkan siswa-siswa ke JCC untuk mengikuti Olimpiade ini. Sedang daerah lain, terfokus digelar di sekolah-sekolah.

“Hasil-hasil terbaik dari tingkat DKI Jakarta ini akan berkompetisi di level Nasional dan juga dengan negara tetangga yang juga ikut dalam Olimpiade Halal ini,” kata Bayu.

Hadiah utama Olimpiade kali ini adalah Umrah, sedangkan total hadiah Rp85 Juta. Proses pendaftaran 15 Juni – 28 Oktober 2019. Babak Penyisihan 19 Agustus – 15 November 2019.

Bayu berharap perwakilan DKI Jakarta ini bisa menjadi jawara Olimpiade Halal 2019 ini, dimana jawara tahun sebelumnya berasal dari Kalimantan Timur.

Nampak hadir selama pelaksanaan Ujian adalah Wakil Direktur Eksekutif Teddy Suratmadji dan jajaran pengurus LPPOM MUI DKI Jakarta.