MUI Pusat Monitoring Evaluasi MUI DKI Jakarta di JIC (Foto: Dipo Khairul Islam)

JAKARTA – Sejumlah delegasi pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat sambangi MUI tingkat provinsi untuk melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke MUI Provinsi DKI Jakarta Jalan Kramat Jaya Tugu Utara, Kantor MUI DKI Jakarta, Masjid Raya Jakarta Islamic Centre pada Rabu (4/9/2019).

Pertemuan ini membahas kegiatan dan tantangan yang dihadapi MUI DKI Jakarta bersama Ketua Umum KH Munahar Muchtar dan Sekretaris Umum KH Yusuf Aman, serta seluruh Wakil Ketua dan Ketua, sekretaris bidang beserta sejumlah pengurus lainnya.

Wakil Sekretaris Jenderal MUI Pusat, DR H Muhammad Zaitun Rasmin, Lc, MA didampingi anggota Tim Monev H Muhammad Suaidy memimpin langsung pertemuan tersebut.

Kyai Zaitun mengapresiasi kegiatan MUI DKI Jakarta yang salah satunya akan terbitnya ISO 9001:2015. Menurut Kyai Zaitun, hal ini menjadi langkah yang baik dalam perbaikan manajemen sistem keorganisasian serta upaya mengedepankan professionalitas, akuntabilitas dan transparan dalam bekerja.

Sedang, Kyai Suaidy menjelaskan, Monev dilakukan dalam rangka penyegaran dan upgrade organisasi, untuk menentukan pemeringkatan MUI di daerah. Monev ini sangatlah penting, dalam penilaian organisasi.

“Salah satunya kami ingin mengetahui kesesuaian apa yang diprogramkan dan apa yang dikerjakan oleh masing masing pengurus MUI DKI Jakarta, dan saya berharap tahun ini MUI DKI mendapatkan nilai A yang sebelumnya di tahun 2018 mendapatkan nilai B, sehinga cita cita dan harapan bisa lebih baik lagi,” kata Kyai Suaidy.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Provinsi DKI Jakarta, KH Munahar Muchtar menjelaskan pencapaian-pencapaian yang telah dilakukan MUI Provinsi DKI Jakarta, serta program yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

MUI DKI Jakarta kali ini, aktif menggelar pelatihan dan program yang difokuskan kepada kaum milenial seperti contoh di bulan Juli lalu bidang Ukhuwah menggelar pelatihan dai sosial media, sebelumnya pelatihan jurnalis muslim, design grafis, serta lomba-lomba penulisan dan sebagainya.

“Dan lebih besar lagi tanggal 21-22 september nanti, kami akan menyelenggarakan Jakarta Islamic Festival, rencana akan hadir Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, Pangdam, serta para para Dubes dan tamu undangan lainnya, bertempat di Masjid Al Hikmah dan lapangan Ahmad Yani, Jakarta Selatan,” kata Kyai Munahar.

Lebih jauh dikatakan, kegiatan itu juga melibatkan seluruh majelis taklim se-DKI Jakarta dan rencananya lebih dari 5000 Ibu-ibu akan mengikuti Tabligh Akbar.

Hal ini merupakan program yang dapat dirasakan oleh masyarakat Jakarta sehingga kehadiran MUI dapat mempererat Ukhuwah antar sesama.

“Terkait Monev, semoga MUI DKI Jakarta mendapatkan nilai A Plus, dan di tahun depan MUI dalam kepengurusannya masuk sampai tingkat RW, kami optimis, karena SDM MUI DKI sudah sangat bagus, jadi harapan tersebut dapat terlaksana dengan baik,” pungkas Kyai Munahar.

Reporter: Dipo Khairul Islam
Editor: Firman Qusnulyakin