Setiap hal baik, terlebih demi kemajuan umat Islam, seyogyanya memang dicanangkan dan direalisasikan secara kolaboratif. Berasaskan pada niat tersebutlah, dalam Konferensi Pendidikan Islam Internasional Jakarta-Istanbul 22-24 Desember 2015 lalu di Jakarta,  pihak MUI DKI Jakarta dan ONDER, Asosiasi Alumni dan Anggota Imam Hatip School Turki, menyepakati beberapa memorandum kerjasama dalam pendidikan,  agama, dan sosial.

Pihak pertama, MUI DKI Jakarta, yang diwakili oleh Ketua Umumnya, KH. A. Syarifudin A. Gani MA, dan pihak kedua, ONDER, yang diwakili oleh Ketua Umumnya, Halit Bekiroglu, menyepakati kerjasama yang antara lain menyebutkan beberapa poin penting:

mou2

  1. Kedua belah pihak akan mengadakan setidak-tidaknya setahun sekali pertukaran mahasiswa, guru, peneliti, atau pengurus organisasinya [MUI DKI Jakarta dan ONDER]. Pun dalam bentuk riset seputar Islam di Turki dan Indonesia.
  2. Demi mensukseskan poin pertama, kedua belah pihak [MUI DKI Jakarta dan ONDER] memiliki tanggung jawab bersama, baik materil maupun non-materil.
  3. Kebijakan Memorandum Kesepahaman [MoU] antar kedua belah pihak ini berlaku selama lima tahun dan berlaku sejak ditandatangi bersama yaitu sejak tanggal 24 Desember 2015. [Az]