MUIDKIJAKARTA.OR.ID,JAKARTAMUI Provinsi DKI Jakarta, melalui Bidang Pengkajian dan Penelitian (Kajiliti),  menggelar Lomba Inovasi Media Pembelajaran dan Praktikum untuk SMK dan Madrasah Tahun 2019.  Gelaran lomba inovasi ini memiliki latar belakang, tujuan, sasaran, target, konten, ketentuan dan syarat sebagai berikut:

Latar Belakang

Ayat pertama yang diturunkan  Allah Subhanahu Wa Ta’ala ke muka bumi, yaitu di waktu  Nabi Muhammad Shallallahu ‘alahi wassalam sedang bertafakur di gua Hira, adalah surat Al ‘Alaq ayat 1-5, dengan artinya : “Bacalah dengan (menyebut) nama tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmu-lah yang paling pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahui”. Rasulullahu bersabda “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga” (HR. Muslim, no. 2699). Dari uraian ayat dan hadist ini, jelaslah bahwa umat manusia, khususnya kaum muslimin didorong untuk mencari ilmu.

Peradaban Islam pernah menjadi referensi ilmu pengetahuan di seluruh dunia. Tetapi bagaimana wajah peradaban Islam saat ini? Kemiskinan, kelaparan, kesenjangan sosial dan masalah pendidikan menjadi wajah negara-negara muslim di dunia. Oleh karenanya untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, para pemimpin dunia bersepakat untuk membuat suatu rencana aksi yang bernama Sustainable Development Goals (SDGs) yang berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. Bagaimana wajah DKI Jakarta jika dilihat dari target SDGs? Berdasarkan data dalam RPJMD DKI 2017-2022, tingkat Partisipasi Angkatan Kerja di Jakarta mengalami penurunan, dari 71,56% di tahun 2013 menjadi 61,97% di tahun 2017. Walaupun tren pengangguran menurun, tetapi masih terdapat 346.950 (7,14%) orang menganggur pada tahun 2017. Badan Pusat Statistik menyatakan, per Agustus 2018, Tingkat Pengangguran Terbuka secara Nasional sebesar 7 juta orang. Dari jumlah tersebut, pengangguran terbanyak berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Di DKI Jakarta sendiri, masih banyak peralatan praktikum di SMK yang tidak lagi sesuai dengan perkembangan teknologi yang digunakan industri. Rasio peralatan yang digunakan juga tidak berimbang dengan jumlah siswa. Target RPJMD DKI Jakarta hingga 2022: 90% SMKN memiliki peralatan praktikum terstandar sesuai dengan dunia usaha dan industri.

Selain masalah pendidikan di SMK, masih terdapat juga masalah pendidikan di madrasah. Di DKI Jakarta, hampir 200 ribu anak bersekolah di 804 madrasah negeri dan swasta. Menurut Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, permasalahan utama dari madrasah adalah kurangnya sarana dan prasarana yang memadai. Pemprov DKI sendiri akan berupaya untuk memastikan bahwa di satuan pendidikan manapun anak Jakarta belajar, akan mendapatkan sarana prasarana yang baik, tanpa adanya perbedaan dalam hak pendidikan yang berkualitas. Untuk mendukung program Pemprov DKI Jakarta mengatasi masalah pendidikan dan kepedulian MUI DKI Jakarta terhadap masalah pendidikan umat, Bidang Kajian dan Penelitian MUI DKI akan mengadakan Lomba Inovasi Media Pembelajaran dan Praktikum untuk SMK dan Madrasah dengan tema Inovasi Milenial untuk Pendidikan Jakarta.

 Tujuan, Sasaran dan Target

Kegiatan lomba ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan di SMK dan Madrasah di DKI Jakarta.
  2. Mendorong terciptanya kreativitas di kalangan anak muda, yaitu pelajar, santri, mahasiswa dan guru, untuk membuat inovasi media pembelajaran dan praktikum di SMK dan Madrasah.

Sasaran kegiatan lomba ini adalah pelajar, santri, mahasiswa dan guru di DKI Jakarta dan luar Jakarta, baik di dalam dan luar negeri. Target kegiatan lomba ini adalah 100 inovasi media pembelajaran dan praktikum untuk SMK dan Madrasah.

 

 Konten Lomba

Kriteria media yang dilombakan adalah media audio visual, objek fisik (prototipe), dan aplikasi program komputer. Sedangkan kriteria inovasi yang dilombakan adalah mudah digunakan oleh pelajar dan guru, dapat mengatasi keterbatasan waktu, tempat, biaya dan alat di sekolah; prototipe berasal dari material yang ramah lingkungan atau bahan daur ulang dan didapatkan dari dalam negeri; karya baru, bukan duplikasi dari karya orang lain; dan dapat dibuat produk massal.

Timeline Kegiatan

Kegiatan Lomba ini terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari publikasi, pendaftaran dan seleksi media inovasi, hingga final lomba. Berikut adalah timeline pelaksanaan kegiatan lomba:

1 – 30 September 2019           : Pendaftaran lomba dan pengiriman media inovasi

15 Oktober 2019                     : Pengumuman finalis lomba

28 Oktober 2019                     : Final lomba

Pendaftaran Lomba

Para peserta melakukan pendaftaran lomba melalui link: https://bit.ly/DaftarLombaInovasi setelah mengirim media inovasi ke sekretariat MUI DKI (cap pos) dengan alamat: Komplek Jakarta Islamic Centre, Jl. Kramat Jaya Raya, RW 1, Tugu Utara, kec. Koja, kota Jakarta Utara, DKI Jakarta, 14260. Media inovasi dikirim beserta dokumen media yang template-nya dapat diunduh di website MUI DKI Jakarta www.muidkijakarta.or.id.

Hadiah Lomba

Juara lomba terdiri dari juara 1-3 dan juara favorit untuk masing-masing kategori peserta. Hadiah lomba untuk masing-masing juara adalah sebagai berikut

  • Juara 1 mahasiswa dan guru            : Rp. 10.000.000
  • Juara 2 mahasiswa dan guru            : Rp.   8.000.000
  • Juara 3 mahasiswa dan guru            : Rp.   7.000.000
  • Juara favorit mahasiswa dan guru     : Rp.   5.000.000
  • Juara 1 pelajar dan guru                  : Rp.   8.000.000
  • Juara 2 pelajar dan guru                  : Rp.   6.000.000
  • Juara 3 pelajar dan guru                  : Rp.   4.000.000
  • Juara favorit pelajar dan guru           : Rp.   2.000.000

Kontak Panitia

Jika ada pertanyaan yang ingin diajukan para calon peserta lomba, dapat menghubungi panitia melalui email inovasimui@gmail.com atau email litbang@muidkijakarta.or.id

Silahkan Download Themplate Dokumen Media Pembelajaran Di Bawah Ini :

Download “Template Dokumen Media Pembelajaran dan Praktikum” Template-Dokumen-Media-Pembelajaran-dan-Praktikum-untuk-SMK-dan-Madrasah.doc – Downloaded 42 times – 245 KB