Keberadaan ulama tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui sebuah proses pendidikan, pengkaderan.

Maka, MUI Provinsi DKI Jakarta terpanggil untuk menyiapkan dan mendidik kader-kader ulama yang memiliki integritas, baik moral maupun intelektual dengan menyelenggarakan Pendidikan Kader Ulama (PKU) yang memiliki tujuan “terwujudnya ulama yang berakhlak mulia, menguasai ilmu-ilmu ke-Islaman, memahami konsep dan tangap (responsif) terhadap dinamika sosial, memiliki kemampuan dalam memimpin, membimbing dan melayani umat/bangsa menuju tercapainya masyarakat yang berharkat dan bermartabat, adil dan makmur dalam naungan ridha Allah swt.” Sampai saat ini, PKU MUI Provinsi DKI Jakarta telah berlangsung sebanyak dua belas angkatan dan kali ini dibuka untuk Angkatan Ketiga Belas (XIII).

Program kegiatan PKU MUI Provinsi DKI Jakarta Angkatan XIII akan berlangsung selama 2 tahun (4 semester), LK 48 SKS. Pelaksanaan pendidikannya berlangsung pada hari Senin, Selasa dan Rabu, dimulai dari pukul 13.00 s.d 17.30 WIB. Sedangkan tempat belajar di Ruang Kuliah PKU MUI Provinsi DKI Jakarta.

Kurikulum dan atau mata kuliah PKU adalah Ulum Al-Qur`an, Tafsir Al-Qur`an, Ulum Al-Hadis, Ushul Fiqih, Al-Qowaid Al-Fiqhiyyah Al-Haditsah, Ilmu Al-Kalam, Tasawwuf, Ulum Al-Lughah Al-Arabiyah, Pemikiran Dasar Islam, Sejarah Peradaban Islam, Perbandingan Agama, dan Studi Pembangunan.

Ada empat sistem perkuliahan yang digunakan, yaitu: Pertama, Ceramah, diskusi, dan seminar; kedua, Qiraat al-Kutub (studi teks kitab-kitab); ketiga, Stadium General; dan keempat, Studi Lapangan.

Sedangkan tahapan evaluasinya adalah setiap semester, diadakan Ujian Semester untuk mengetahui penguasaan peserta terhadap materi yang telah disajikan dan sebagai bekal pembinaan yang lebih intensif. Pada akhir program, kemudian diadakan Ujian Umum yang meliputi seluruh mata kuliah. Para peserta yang dinyatakan lulus ujian akhir diberikan sertifikat.

Tenaga pengajar PKU ini adalah ulama, cendikiawan dan pakar yang ahli di bidangnya, antara lain: K.H. A. Syarifuddin Abdul Ghani, M.A, K.H. Zulfa Mustofa MY, Prof. Dr. K.H. Chatibul Umam, Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A, Prof. Dr. H. Abdul Aziz Dahlan, Prof. Dr. H. Budi Sulistiono, M, Dr. H. Ahsin Sakho Muhammad, Dr. H. Syamsul Ma`arif, M.A dan Dr. H. Fuad Thohari, M.A. Secara periodik, juga akan dihadiri Guest Lecture (Dosen Kehormatan), Pejabat Pemerintah/Negara, dan cendikiawan dari negara-negara Islam.

Syarat menjadi peserta PKU ini adalah sarjana S1 dari program studi agama Islam dan atau sederajat, umur tidak lebih dari 35 tahun, mendapatkan rekomendasi dari Walikota Administrasi/Bupati setempat, melalui MUI Kota Administrasi/Kabupaten setempat; menyerahkan foto copy Ijazah S1 (dilegalisir), foto copy KTP, Riwayat Hidup, pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar, membayar infak Rp. 50.000,-. Juga lulus tes masuk yang meliputi ujian tulis Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Ilmu-Ilmu ke-Islaman; ujian lisan membaca dan memahami kitab-kitab berbahasa Arab; wawancara; dan menyerahkan makalah tentang masalah ke-Islaman dan kemasyarakatan minimal 10 halaman dengan 2,5 spasi. Adapun fasilitas perkuliahan adalah perkuliahan gratis dan mendapatkan sertifikat.

Waktu pendaftaran berlangsung pada setiap hari kerja mulai pukul 10.00 s.d 15.00 WIB dari tanggal 1 Nopember s.d 20 Desember 2014. Pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengambilan nomor ujian tanggal 2 Januari 2015. Ujian tulis dan penyerahan makalah tanggal 22 Desember 2014. Ujian Lisan (tes qira`at al kitab) dan wawancara tanggal 23 Desember 2014. Pengumuman kelulusan tanggal 2 Januari 2015. Daftar ulang tanggal 2 s.d 7 Januari 2015. Orientasi (ta`aruf) tanggal 15 Januari 2015. Pengukuhan Mahasiswa PKU tanggal 8 Januari 2015. Semua kegiatan di atas bertempat di Sekretariat PKU MUI Provinsi DKI Jakarta , Kompleks Masjid Raya Jakarta Islamic Centre, Jl. Kramat Jaya, Koja, Jakarta Utara. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung ke Sekretariat PKU MUI Provinsi DKI Jakarta atau melalui telp. 021-44835249, fax. (021) 44835248 setiap hari dan jam kerja dan HP 08179344542 . ***