Dr. KH. Didi Supandi, MA.

JAKARTA -Majelis Ulama Indonesia Provinsi DKI Jakarta melalui Bidang Pengkajian dan Penelitian menggelar sosialisasi dan pelatihan sistem manajemen mutu ISO 9001-2015 di ruang audio visual 1 Jakarta Islamic Centre, Rabu, (17/7/2019).

Wakil Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH Didi Supandi mengatakan, saat ini kepengurusan baru MUI DKI, baik pimpinan wilayah maupun kota dan komisi, harus memahami betul sistem manajamen mutu 9001:2015, agar dapat meningkatan mutu pelayanan yang baik serta salah satu bentuk kemajuan organisasi MUI Itu sendiri.

Saat ini MUI DKI, sudah sangat signifikan dalam perkembangannya. Salah satunya adalah dibentuknya lembaga baru seperti BadanĀ  Koperasi kemudian bekerjasama dengan ritel yang ada.

“Ini salah satu contoh kerja sama yang dilakukan oleh Bidang Ekonomi Pemberdayan Ekonomi Ummat,” kata Kyai Didi.

Kyai Didi juga memberikan contoh lain perkembangan positif MUI DKI Jakarta, yaitu telah membentuk Lembaga Zakat dengan cara menjadi pengarah lembaga amil zakat itu sendiri.

Dikatakan Kyai Didi, hal ini sangat penting, karena perlunya mutu yang baik dalam peningkatan sistem manajemen yang baik.

“Selain membentuk badan baru yang menjadi konsen besar MUI tahun ini, kami berharap MUI Kedepan bisa mewujudkan kemandirian baik dalam bidang, keputusan dan kegiatan yang tidak hanya terbatas dengan anggaran APBD saja,” kata Kyai Didi.

Sehingga, lanjutnya, ini jadi semangat dalam peningkatan mutu dalam MUI Itu sendiri.

Terkait kegiatan sosialisasi dan pelatihan ISO 9001:2015 ada beberapa hal menjadi penting, seperti ada dua peningkatan mutu lembaga dalam hal internal maupun eksternal seperti kepemimpinan, kompetensi, struktur kepemimpinan dan lain-lain yang nitabene sesusi dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Harapannya dengan adanya sosialisai ISO ini, diharapkan ilmu yang yang didapatkan bukan hanya sebatas teori tanpa pengalikasiannya.

“Yang penting adalah manejemen modern dalam peningkatan pelayanan dalam penguatan manajemen MUI,” tandas Kyai Didi.

Teks : Dipo Khairul Islami