MUI DKI Jakarta dipimpin KH Munahar Muchtar silaturahmi dengan Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiono (Dok: Abi Ichwanudin)

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta, menyambangi Kodam Daerah Militer (Kodam) Jaya di Jalan Mayjen Sutoyo No.05, Cililitan, Kramat Jati, dalam rangka silaturahmi dan taaruf pengurus MUI DKI, sekaligus penjajakan program kemitraan berkelanjutan antara kodam dan MUI di Ruang VIP Kodam Jaya, Senin, (29/7/2019).

Pada kesempatan tersebut, Hadir Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiono, Aster Kodam Jaya Kolonel Inf Jacky Ariestanto, Wa. Kabintal dan Wa. Asintel.

Pengurus MUI DKI yang hadir, yaitu Ketua Umum KH Munahar Muchtar, Wakil Ketua Umum KH Didi Supandi, Bendahara Umum KH Abi Ichwanuddin, deretan Pimpinan bidang yaitu DR H. Robi Nurhadi, DR Ir Teddy Suratmadji, M.Sc dan DR. H. Tubagus Wahyudi.

Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH. Munahar Muchtar mengatakan, MUI DKI Jakarta adalah rumah besar yang payungi Organisa Kemasyarakatan (Ormas) Islam di Jakarta, sehingga apa yang dilakukan baik itu program maupun kegiatan, haruslah untuk kemaslahatan Umat Islam khususnya di Provinsi DKI Jakarta.

Silaturahim dan penjajakan ini sangat perlu dilaksanakan, agar MUI DKI Jakarta bisa menjadi jembatan masyarakat dalam melakukan dan melaksanakan kegiatan yang bersifat keagamaan.

Salah satunya pada saat Pilpres kemarin, MUI DKI begitu pro aktif dalam menyuarakan pesan dakwah atau tausyiah yang dapat menentramkan sekaligus mejadi imbauan masyarakat agar situasi dan kondisi di Jakarta bisa ditangani dengan baik.

Olehnya, perlunya silaturahmi antar elemen dan adanya kesamaan cita-cita untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Majelis Ulama Indonesia DKI Jakarta pro aktif dalam seluruh kegiatan kemasyarakatan. Pro aktif dalam memberikan kecerdasan politik bagi Umat Islam Jakarta. Pengurus MUI harus menanggalkan kepentingan politik praktis, apalagi mengusung tema politik identitas,” kata Kyai Munahar.

Dalam aktifitas kebangsaan, MUI DKI Jakarta mempunyai gagasan konstruktif Hubbul Wathon Minal Iman, gagasan menumbuhkan kembali semangat nasionalisme patriotis. Untuk mewujudkannya, MUI bertekad menjadi pemersatu umat dan dapat menjadi teladan di masyarakat.

Sehingga MUI melakukan anjangsana kebeberapa stakehokder di Jakarta dalam rangka penjajakan kegiatan kemitraan stategis guna mengusung dakwah Islam Rahmatan Lilalamin.

Sementara itu Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiono mengatakan, Kodam Jaya dan MUI DKI Jakarta mempunyai komitmen bersama dalam menjaga stabilitas dan kenyamanan warga Jakarta.

Kodam Jaya berharap kehadiran MUI DKI Jakarta dapat menyerukan kepada ummat agar dapat menyaring saluran informasi yang ada. Sehingga tidak mudah mempercayai informasi yang bersifat hoax atau bohong yang mengakibatkan keresahan masyarakat Jakarta.

“kedepan MUI dan KODAM ingin mewujudkan dan mengajak masyarakat untuk kembali mengadakan acara acara yang bersifat menumbuhkan rasa nasionalisme kepada Indonesia, dan harapannya MUI dalam kegiatan kegiatannya dapat mensisipkan tema-tema bela Negara sehingga tujuan yang hendak ingin dicapai dapat terwujud,” tandas Mayjen Eko.

Reporter : Dipo Khairul Islam
Editor: Firman Qusnulyakin