Home Berita MUI DKI Kembali Mewisuda Mahasiswa PKU-PDU

MUI DKI Kembali Mewisuda Mahasiswa PKU-PDU

195
0

“Kami berharap pasca lulus dari Pendidikan Kader Ulama (PKU) dan Pendidikan Dasar Ulama  (PDU) ini, para wisudawan diharapkan mampu menghadapi tantangan dan cobaan dalam kehidupan sehari-hari,” tegas KH. Munahar Muchtar, Ketua Umum MUI DKI Jakarta dalam sambutanya saat membuka acara Wisuda Mahasiswa PKU Angkatan XV dan PDU Angkatan VIII 2019 plus Pengukuhan Mahasiswa Baru PKU Angkatan XVI dan Mahasiswa Angkatan IX 2019 pada Selasa, 22 Januari lalu.

Dalam acara yang berlangsung di Balai Kota Pemprov DKI Jakarta tersebut, KH. Munahar  mewanti-wanti para wisudawan/wati perihal sejumlah tantangan berdakwah dalam konteks kekinian, antara lain munculnya kelompok-kelompok intoleran dan ekslusif yang kerap menyatakan permusuhan dan konflik sesama muslim yang tidak sepaham. Sedang di lain sisi, ada tantangan munculnya kelompok-kelompok yang cenderung permisif dan liberal dalam beragama. Hal tersebut, lanjut KH. Munahar, tentunya terkait pengetahuan dan pemahaman seseorang. Untuk itulah, para wisudawan diharapkan menjadi garda depan untuk meluruskan dalam syiar dan dakwahnya.

Sementara itu, Prof. Dede Rosyada, Ketua Komisi Pendidikan MUI DKI, dalam pidatonya mengingatkan pentingnya kader-kader ulama dalam konteks pembangunan Indonesia. Pasalnya, “Indonesia bertekad menjadi negara maju dengan menggandeng agama, berbeda dengan negara-negara yang sudah maju terlebih dahulu seperti Eropa dan Amerika, yang meninggalkan agama atau sekularisasi…” demikian tegasnya di hadapan 188 wisudawan PKU-PDU dan para hadirin. Apalagi, misi ini, lanjut Prof. Dede, jauh-jauh hari sudah dicanangkan pemerintah RI dalam UU. No. 17/2017.

Selain Ketua MUI DKI Jakarta dan Ketua Komisi Pendidikan, hadir pula dalam kesempatan ini  segenap pimpinan dan pengurus MUI DKI Jakarta, para pejabat Pemprov DKI Jakarta, serta perwakilan beberapa instansi pemerintah dan organisasi keislaman. (muaz-nanda)