MUI DKI Jakarta Tabayyun ke LSF (Istimewa)

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta menyambangi Lembaga Sensor Film (LSF) untuk membahas aduan masyarakat terhadap film “Kucumbu Tubuh Indahku”.

Rombongan MUI DKI yang dipimpin Sekretaris Umum KH Yusuf Aman ini diterima oleh enam Komisioner LSF.

Dalam pertemuan itu, LSF menjelaskan film besutan Garin Nugroho bisa dapat izin tayang di bioskop, yaitu film ini mengangkat budaya di Banyumas, Lengger, yaitu perjalanan penari yang menggabungkan sisi maskulin dan feminin secara bersamaan.

Alasan kedua, gambaran kehidupan seperti ini fakta yang ada ditengah masyarakat Indonesia yang heterogen. Film ini mencoba menghadirkan kondisi sosial masyarakat layaknya film lain.

LSF pun menilai film ini dinilai tidak mempromosikan LGBT meski tidak dipungkiri ada muatan seperti itu sebagai cerminan fakta Indonesia dan menjadi pelajaran bagi khalayak

Sasaran khalayak film ini dewasa untuk mengingatkan kondisi dan mencari pelajaran utamanya dalam mendidik anak.

Soal trailer dan poster terdapat dua versi. Versi resmi yang disiarkan di media massa termasuk bioskop adalah yang sudah di sensor oleh LSF. Sementara yang beredar di medsos tidak dapat izin LSF, itu pun sifatnya yang terbuka maka membuka ruang siapa saja utk diakses.

Sementara itu, Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta KH Yusuf Aman mengapresiasi atas penerimaan LSF dengan kehadiran MUI DKI dengan maksud tabayyun atas pemberitaan di media.

Kyai Yusuf pun mengusulkan jika klasifikasi film sebaiknya diubah dari 17+ menjadi 21+ khusus penonton dewasa

“MUI dan LSF bersama-sama mensosialisasikan jika film ini hanya untuk konten dewasa dan menyerahkan pengawasan pada orang tua untuk tidak mengizinkan anak dibawah umur untuk menyaksikannya,” kata Kyai Yusuf.

“Perlu ada penjelasan detail yang bisa membuktikan jika film ini bisa memberi contoh buruh dan untuk tidak diikuti oleh masyarakat, utamanya remaja,” sambung Kyai Yusuf.

Meskipun begitu, MUI DKI Jakarta dan LSF mengapresiasi setiap film produksi dalam negeri agar kedepan mampu menjadi tuan rumah dinegeri sendiri.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of