MUI Jakarta Pusat menggelar Halalbihalal di Masjid Ahmad Yani, Menteng (Istimewa)

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar acara Halalbihalal di Masjid Ahmad Yani, Menteng, Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara, Muallim KH Maulana Kamal Yusuf, KH. Ainul Yaqin Abdullah Syafi’i, beserta jajaran pejabat dan pegawai unit kerja MUI Jakpus.

Acara halalbihalal dibuka dengan Shalat Dhuha, pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustadz Umar, tausiah KH Maualana Kamal Yusuf, dan KH Ainul Yaqin sebagai pemateri Pemersatu Ummat.

Dalam kesempatan ini. Ketum MUI Jakpus Robi F. Muhammad juga menyampaikan tausiah mengenai halal bihalal dan Dirgahayu Kota Jakarta ke 492. Menurutnya, esensi halalbihalal yaitu saling maaf-memaafkan dengan saudara, saling ridha-meridhai setelah satu bulan secara vertikal berhubungan dengan Allah SWT.

“Kemudian secara horizontal berhubungan dengan manusia, maka sempurnalah dosa-dosa kita, sehingga kita trauma dengan dosa,” kata Kyai Robi.

“Karakter Bangsa Indonesia ialah karakter yang saling maaf-memaafkan, mudah-mudahan karakter ini terus kita bangun, kita jaga, kita doakan, mudah-mudahan Allah SWT memberikan keberkahan untuk kita semua, serta berikan keberkahan Kota Jakarta yang ke 492 tahun, mudah-mudahan Kota Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya, Aamiin,” tandasnya.