Jakarta Pusat- Selain MUI Jakarta Pusat mengadakan Pengukuhan Wisudawan dan Wisudawati PDU (Pendidikan Dasar Ulama) MUI Jakarta Pusat Angkatan VI sebanyak 48 orang juga diadakan Pengukuhan Mahasiswa dan Mahasiswi Baru PDU MUI Jakarta Pusat Angkatan VII yang juga berlangsung di Gedung YPI Hubbul Wathon, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Januari 2015.

Menurut K.H. Hidayat Ahmad, selaku pengelola PDU MUI Jakarta Pusat, jumlah mahasiswa dan mahasiswi baru PDU MUI Jakarta Pusat Angkatan VII yang dikukuhkan ini adalah 43 orang.

Ketua Komisi Pendidikan MUI Provinsi DKI Jakarta, Drs. H. Thoyib Sah Putra, M.Pd, yang diwawancarai via telepon oleh redaksi, mengatakan bahwa pengukuhan mahasiswa dan mahasiswi baru PDU MUI Jakarta Pusat Angkatan VII mengawali program PDU di seluruh wilayah kota di tahun 2015 ini. Menurutnya, lulusan PDU diharapkan dapat memiliki minimal tiga kompetensi, yaitu: Pertama, lulusan PDU dapat menjadi konsultan (guidance counselor) umat untuk urusan kematian, warisan, nikah dan lain-lain; kedua, lulusan PDU dapat melakukan gerakan dakwah yang jangan hanya di masjid-masjid atau di komunitas yang sudah sudah bagus keagamaannya, tetapi di daerah black spot, di komunitas-komunitas yang masih abangan dan kurang bahkan belum tersentuh dengan pendidikan keagamaan sehingga perlu juga dibarengi dengan kegiatan grounded research ( penelitian yang bergerak dari level empirikal menuju level konseptual teoritikal); dan ketiga, lulusan PDU dapat memiliki kemampuan dasar untuk dapat meneruskan di PKU (Pendidikan Kader Ulama).  Dengan tiga kompetensi ini, diharapkan lahir ulama yang mampu memberikan bimbingan keagamaan kepada masyarakat.*** (Amar Ahmad & Rakhmad Zailani Kiki)

 

 

 

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of