JAKARTA- Jakarta Islamic Festival (JIFEST) 2019 dan Gema Muharram 1441 H mengawali rangkaian acara di hari kedua (22/09/2019), Ahad pagi,  dengan kehadiran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang memberikan sambutan dan tausiyah dihadapan ribuan orang di lapangan Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Pada acara tersesbut, secara simbolis, dilakukan penyerahan sertifikat halal oleh Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali, yang mewakili Gubernur DKI Jakarta kepada para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) binaan Dinas Perindustrian dan Energi Pemprov DKI Jakarta.

Peda penyerahan tersebut, Marullah Matali didampingi Ketua Umum MUI DKI Jakarta, KH Munahar Mukhtar dan jajarannya; Ust Zaitun Rasmin dari MUI Pusat; dan  Direktur LPPOM MUI DKI Jakarta di panggung utama acara. Penyerahan diberikan secara simbolis kepada empat usaha IKM  yang mewakili 100 usaha IKM, yaitu: UD Focus, Mulya Catering, Mie Sehat Telap Telep, dan Bu Joko Catering.

Direktur LPPOM DKI Jakarta, Ir. H. Muhammad Bayu Jagatnata, menjelaskan bahwa akan ada seribu perusahaan yang segera tersertifikasi, semua perusahaan tersebut adalah binaan LPPOM MUI DKI Jakarta  yang terus mendapatkan bimbingan dan arahan langsung.  Dari seribu perusahaan yang sebentar lagi akan keluar sertifikasinya, kebanyakan jenis usaha mereka antara lain: bakery and cake, rumah makan, aneka jajanan kue dan produk kecantikan.

“Saya cukup optimis dengan para pengusaha di tahun ini meningkat kesadarannya dalam memproses usahanya untuk mendaftar dan mendapatkan sertifikat halal, hal ini seiring dengan kesadaran warga akan pentingnya makanan halal dan bahaya haram. Bayu juga mendorong para produsen untuk tidak takut perusahaannya tersertifikasi, karena justru jika sudah terdaftar di LPPOM, akan lebih tenang dan terkontrol, kepercayaan konsumen pun semakin tumbuh berkembang. Untuk proses sertifikasi bukan hal sulit, karena semua proses sertifikasinya akan dibantu oleh pihak LPPOM,” ujarnya, (Reporter: Dipo, Red: Kiki)