Sekda DKI Jakarta Saefullah membuka JiFEST dan Gema Muharram 2019 di Masjid Al Hikmah (Foto: Tim Magang)

JAKARTA – Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah secara resmi membuka Jakarta Islamic Festival (JIFEST) 2019 yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia Provinsi DKI Jakarta di Masjid Al Hikmah Kebayoran Lama Jakarta Selatan.

Saefullah mengatakan, Muharam tahun ini dirasa lebih istimewa karena bulan yang sama, Pemprov DKI Jakarta lebih dahulu mengawalinya dengan kegiatan Pawai Obor Muharram yang kental dengan keislaman, spiritnya agar umat lebih bangkit lagi di semua sektor.

“Saya merasa senang dengan kegiatan JiFEST tahun ini, apalagi diselenggarakan oleh MUI dengan serangkaian kegiat keumatan didalamnya,” kata Saefullah, Sabtu (21/9/2019).

Setelah kurang lebih dua pekan yang lalu acara Obor berakhir, masih dalam rangkaian Muharram 1441 H, acara keislaman dengan skala yang juga besar dilanjutkan oleh Majelis Ulama Indonesia Provinsi DKI Jakarta melalui program Jakarta Islamic Festival (JiFEST).

Mewakili Pemprov DKI Jakarta, Saefullah mengucapkan terimakasih kepada MUI DKI yang telah menggagas terlaksananya acara ini. Melalui ragam acara yang akan terlaksana selama dua hari, kiranya menjadi potensi besar bagi bangkitnya perekonomian umat, apalagi jika umat antara yang satu dengan lainnya terus menjalin kekompakkan dengan segala komponen didalamnya.

Tahun 2019 Pemprov memiliki anggaran Rp86 triliun, walaupun ada pengurangan dari anggaran itu, artinya masih cukup besar sumber ekonomi yang akan berputar di provinsi DKI Jakarta. Uang ini akan dipergunakan untuk kegiatan baik dalam bentuk fisik dan non fisik.

Kewajiban Pemprov DKI Jakrta untuk menggunakan anggaran ini dengan sebaiknya agar bermanfaat bagi rakyat, pertumbuhan dan perputarannya bermanfaat secara maksimal.

Terkait geliat kebangkitan perekonomian rakyat, Saefullah menyebut salah satu daerah yang sedang menggeliat perkembangannya yaitu Pedongkelan. Sebagai home industri yang memasok kue-kue di pasar Senin dan beberapa pasar besar lainnya yang sering disebut sebagai pasar subuh.

Diharapkan MUI bersama Pemprov DKI Jakarta untuk membidik potensi ini sehingga tidak hanya sebatas teori tetapi langsung kepada praktik.

Pemprov terus mendukung ekonomi keumatan yang lebih baik lagi melalui program keumatan, sinergi dengan MUI.

Sekda menyebut bahwa saat ini Pemprov DKI semakin terus meningkatkan transparansi dari seluruh penggunaan keuangan.

Saefullah minta masyarakat untuk mendoakan agar Pemprov dibawah kepemimpinan Anies Baswedan terus amanah dalam menjalankannya hingga tidak tersangkut hukum, tetap berorientasi kepada kepentingan umat dan bukan kepentingan personal.

Saefullah kemudian membuka secara resmi JiFEST dan Gema Muharram yang disambut riuh tepuk tangan seluruh peserta yang hadir memadati ruang serbaguna Masjid Al Hikmah.

Setelah membuka acara, Sekda mengikuti makan bersama dengan jajaran MUI DKI Jakarta dan para undangan. Selanjutnya beliau meninjau stand-stand peserta bazar didampingi oleh Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar.

Reporter: Dipo KI dan Tim Magang

Editor: Firman Qusnulyakin