Bismillaahirrahmanirrahim

Assalaamu`alaikum. Wr. Wb

Perkembangan teknologi informasi dengan berbagai dimensi dan dinamikanya menjadi sebuah keniscayaan dalam masyarakat Indonesia di abad 21 ini. Hal tersebut juga merambah ke berbagai bidang dan sendi kehidupan umat, termasuk  umat Islam yang ada di Jakarta. Kebutuhan akan teknologi informasi telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat modern, bahkan sudah disejajarkan dengan kebutuhan sandang dan pangan. Ketertarikan masyarakat akan perkembangan teknologi informasi seperti media on-line perlahan namun pasti telah menjadi saingan utama media cetak (surat kabar dan majalah) konvensional yang banyak dibaca masyarakat dewasa ini.

Karena itu, kehadiran beragam informasi melalui media online sudah perlu menjadi perhatian berbagai kalangan, termasuk pengurus baru MUI DKI Jakarta periode 2013-2018. Kehadiran website MUI DKI Jakarta yang dapat diakses melalui www.muidkijakarta.or.id, adalah sebuah langkah dan semangat baru untuk sosialisasi berbagai upaya pengembangan dakwah, fatwa, dan kegiatan pengurus MUI DKI Jakarta. Meskipun pengelolaan website masih baru, namun sejumlah berita update sudah mulai ditayangkan tim Infokom MUI DKI.  Upaya dakwah melalui pengemasan informasi melalui media online adalah upaya dakwah yang perlu terus disupport sejumlah pihak untuk pengembangan kegiatan MUI DKI Jakarta sebagai ikhtiar Izzul Islam wa al Muslimin, dan menyebar serta terus menggalakkan dakwah Islam Rahmatan Lil Alamien untuk masyarakat Indonesia, paling tidak terkhusus bagi masyarakat muslim Jakarta yang selalu dikenal sarat berbagai aktivitas dan dinamikanya.

Website MUI DKI Jakarta ini dibuat tidak hanya sekedar menjadi ajang sosialisasi kegiatan MUI DKI Jakarta atau mungkin media “narsis” MUI DKI, tetapi lebih dari itu diharapkan menjadi forum silaturrahim bagi seluruh organisasi Islam yang ada di DKI Jakarta, termasuk dapat dijadikan media konsultasi seluruh masyarakat DKI Jakarta terkait sejumlah isu dan problematika keagamaan yang berkembang di masyarakat. Website MUI DKI Jakarta dengan taglinenya “Jalin Ukhuwah Raih Mardatillah” diharapkan menjadi media pemersatu berbagai dinamika intelektual umat di DKI Jakarta dan menjadi sarana dakwah efektif untuk membanagun masyarakat Jakarta yg lebih beriman dan selalu dekat kepada Sang Kholiq.

DKI Jakarta sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia memegang kekuatan penting sebagai panutan dan contoh ataupun mungkin menjadi “kiblat” masyarakat Indonesia lainnya dari berbagai penjuru Tanah Air. Karena itu, “warna-warni” Indonesia sedikit banyaknya juga dipengaruhi oleh dinamika keumatan masyarakat muslim di DKI Jakarta. Karenanya tidak salah beberapa pandangan yang menyatakan, “kalo hitam warna Jakarta, maka hitam pula warna Indonesia, Putih warna Jakarta, maka putih pula warna Indonesia”.

Akhirnya, sebagai Penanggungjawab portal MUI DKI Jakarta bersama semua Tim Redaksi menyampaikan selamat menikmati suguhan baru MUI DKI Jakarta.  Saran dan kritik konstruktif sangat kami harapkan untuk pengembangan media online menjadi media acuan terdepan umat Islam Jakarta. Kami hanya bisa melakukan planning dan design untuk media online ini, tetapi substansi yang akan memberi warna ada ditangan pembaca dan khalayak sekalian. Hanya kepada Allah SWT kami gantungkan segala Pengabdian serta Penghambaan, dan kepada-Nyalah kita semua meminta pertolongan dan kekuatan. La Haula wala Quwwata Illa billah

Jakarta, 1 Oktober 2014

Wallahu a’lam bi al Shawab

Salam Tazhim

 

 

Dr. H. Amar Ahmad, M.Si  

Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi (Infokom) MUI DKI Jakarta/Penanggung Jawab