TAUSIYAH

MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI)

PROVINSI DKI JAKARTA

TERKAIT KONDISI SOSIAL-POLITIK DI PROVINSI DKI JAKARTA

 

Bismillahirrohmanirrohiim

 

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

 

Sehubungan dengan dinamika sosial-politik di Indonesia, khusunya di wilayah Provinsi DKI Jakarta, menjelang aksi demonstrasi pada tanggal 4 November 2016,  maka dengan ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta menyampaikan Tausiah sebagai berikut:

 

  1. Kami mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh umat Islam untuk menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar yang menjadi landasan bagi gerakan keummatan pada tanggal 4 November 2016 tersebut.
  2. Kami meminta agar gerakan keummatan tersebut disempurnakan dengan cara-cara yang ma’ruf (damai dan penuh keteladanan).
  3. Kami menegaskan agar pemerintah menegakkan keadilan setegak-tegaknya dengan melakukan proses hukum yang fair dan transparan atas laporan masyarakat terhadap Saudara Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menjadi pangkal adanya gerakan keummatan tersebut.
  4. Kami meminta dengan hormat kepada aparat keamanan untuk melindungi dan menjaga umat Islam yang akan melakukan demonstrasi pada tanggal 4 November 2016 tersebut, sehingga berjalan dengan tertib, aman dan damai serta tidak dimanfaatkan oleh kepentingan politik yang keliru atau oleh gerakan lain yang akan mengganggu ketertiban dan keamanan nasional.
  5. Kami mendorong kepada seluruh umat Islam di Jakarta khususnya bersama-sama mendoakan warga Jakarta dan bangsa Indonesia agar berada dalam lindungan Allah SWT, baik akidahnya, fisiknya maupun harta bendanya.

 

Demikian hal ini disampaikan, semoga segala apa yang kita lakukan menjadi kebaikan dan manfaat bagi masyarakat Ibukota Jakarta. Amin.

 

Jakarta, 01 November 2016 M.

1 Shafar 1438 H.

DEWAN PIMPINAN

MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI)

PROVINSI DKI JAKARTA

Ketua Umum,

 

 

 

Sekretaris Umum,

 

KH. A. SYARIFUDDIN A. GANI, MA.KH. ZULFA MUSTOFA MY

 

Tembusan :

  1. Ketua Umum MUI Pusat;
  2. Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta;
  3. Plt. Gubernur Provinsi DKI Jakarta
  4. Pangdam Jaya;
  5. Kapolda Metro Jaya;
  6. Ka. Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta;
  7. Para Ketua Umum MUI Kota/Kabupaten se-DKI Jakarta

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of