— “Diriwayatkan dari Ibnu Umar, beliau berkata: “Rasulullah SAW bersabda: Seorang muslim itu adalh saudara muslim yang lain. Oleh sebab itu, jangan menzdalimi dan meremehkannya dan jangan pula menykitinya.” (HR. Ahmad, Bukhori dan Muslim) —
DSC_4002Phuket- Hadits tentang persaudaraan inilah yang menjadi latar belakang MUI DKI Jakarta melintasi samudera untuk bersilaturahmi dengan saudara se-aqidah di wilayah Thailand Selatan. Ini laporan Nanda Khairyah selama Silaturahmi di Negeri Siam yang dimulai sejak 15 Desember 2015

Semangat persaudaran dan silaturahmi jadi alasan kuat bagi sembilan orang pengurus MUI DKI Jakarta menyambangi sejumlah wilayah di Thailand Selatan yang dikenal miliki populasi muslim yang cukup banyak.

Tempat pertama yang dituju di ‎Negeri Siam adalah menyambangi Majelis Agama Phuket.
Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH. Syarifudin Abdul Ghani mengatakan, Muslim di Phuket dan Jakarta adalah saudara yang dipisahkan oleh Negara namun disatukan oleh Aqidah.
MUI DKI mengibaratkan muslim Phuket seperti pohon dengan daun yang lebat dan tengah berbuah, untuk itulah harus dijaga bersama agar terus berkembang.
DSC_4054
Selanjutnya Yang Dipertuan Kitti Islam sebagai wakil dari Majelis Agama Phuket sangat bahagi dikunjungi oleh MUI DKI Jakarta.
Ia memaparkan, total penduduk Muslim di Phuket tidak lebih dari 36 persen, Namun begitu Provinsi yang kini tengah dikembangkan sebagai Kota wisata ini telah memiliki 56 Masjid.
“Kami masih akan terus berkembang,” kata Kitti Islam.
Sepert halnya MUI DKI, Majelis Agama Phuket pun memiliki beberapa komisi seperti membidangi Kehidupan Manusia, makanan halal, pendidikan, administrasi termasuk izin pendirian Masjid dan Sekolah Islam serta Komunikasi dan Dakwah.
Yang Dipertuan Dr Komol Dumlak selaku Rais Majelis Agama Islam Phuket mengatakan, perkembangan Islam di Phuket tidak lepas dari masuknya oranh Indonesia dan Malaysia ke Phuket.
DSC_4032
‎”Tugas penting MAI adalah melayani kebutuhan Muslim Phuket utamanya dalam hal Pendidikan dan Perkembangan Masjid,” kata anggota Polisi ini.
(Teks-Foto: Nanda/Ed: Firman)

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of