Workshop Desain Infografis Islam yang digelar Bidang Seni Budaya Islam MUI DKI Jakarta (Dok: Dipo Khairul)

JAKARTA – Bidang Pembinaan Seni Budaya Islam mengadakan kegiatan workshop Desain Infografis Islami, di ruang Audiovisual 1 Jakarta Islamic Centre, Selasa (6/8/2019).

Hadir Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar dan Ketua bidang Seni budaya KH Romdhoni Arafat, H. Ramdani yang dikenal Bang Madit dan Narasumber Workshop M. Arif.

Dalam sambutannya Kyai Romdoni mengatakab, saat ini perkembangan teknologi sudah begitu canggih dan Ummat Islam dituntut untuk memaksimalkan dakwah dengan memanfaatkan media yang ada seperti halnya sosial media (facebook, instagram) dan aplikasi lainnya.

MUI DKI Jakarta, saat ini memberikan solusi agar teknologi ini bisa dinikmati dan dimanfaatkan, terutama dalam bidang dakwah dan seni budaya, oleh karenanya dengan diadakannya workshop seni Desain Infografis Islami Ini.

Workshop ini menjawab pertanyaan yang selama ini Ummat Islam tidak melek terhadap teknologi yang ada. Dan boleh jadi ketika seseorang berdakwah dari rumah dan ternyata ratusan bahkan ribuan orang sedang menyaksikan dan menikmati materi yang disampaikan, bahkan dilihat dari berbagai daerah di Indonesia, itu semua berkat teknologi yang canggih.

Untuk itu, acara yang diikuti 50 peserta yang terdiri dari para ustadz, pemuda, mahasiswa, ormas Islam, Majelis Taklim, yang nantinya, keberadaan mereka di tengah masyarakat bisa dirasakan oleh ummat Islam dengan cara membentuk satu wadah komunitas yang bernama komunitas Ngaji Budaya, yang nantinya dibina dan dibentuk mubaliqh yang handal dan professional di bawah bidang seni dan budaya MUI DKI Jakarta.

Ketum MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar berikan support penuh dalam kegiatan ini dan selalu memberikan semangat dalam kegiatan lainnya yang ada di program MUI.

Kyai Munahar berharap semua peserta yang hadir disini bisa menjadi perpanjangan tangan MUI khususnya dibidang Seni dan budaya.

“Saya bersyukur dan bergembira dengan terlaksananya acara pagi hari ini, karena MUI sekarang, warnanya memang berbeda, Kalau sekarang lebih muda dan milenial, dan sekali lagi yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menempatkan diri saja, karena berdakwah itu bukan bersifat eksklusif,” kata Kyai Munahar.

Oleh karena itu, Kyai Munahar mengajak, para Dai dan Mubaligh untuk manfaatkan teknologi untuk berdakwah. MUI DKI sejak dini ingin melahirkan generasi muda yang cerdas, dan berbudaya yang mampu mengajarkan dan mengimplementasikan materi tentang design grafis pada hari ini.

“Kalau perlu dibuat komunitas Ngaji Budaya Nasional yang nantinya bisa diarahkan oleh masyarakat khususnya warga jakarta, dengan diawali membuat group WA Khusus dan kemudian ini, bisa di tularkan oleh bidang bidang lain yang ada di MUI DKI Jakarta,” kata Kyai Muanhar.

“Sekali lagi saya mengapresiasi komunitas ngaji budaya nasional, karena ini gerakan yang bagus, berpesan, salah satu bentuk dakwah masa depan, kita dituntut untuk menguasai teknologi dengan didukung seni dan design grafis agar dakwah yang kita sampaikan bisa di terima oleh ummat islam umumnya. Dan semoga acara hari ini berjalan dengan lancar tanpa adanya halangan sedikitpun,”.

Reporter : Dipo Khairul Islam
Editor : Firman Qusnulyakin